Langkah Memulai Internet Marketing

Internet marketing adalah suatu cara pemasaran produk, baik berupa barang maupun jasa, secara online atau menggunakan fasilitas internet sebagai medianya. Berbeda dengan metode pemasaran konvensional yang mengharuskan terjadinya tatap muka antara penjual dan pembeli, internet marketing memanfaatkan kecanggihan dunia maya untuk melakukan transaksi di dalamnya. Pemasaran melalui internet pun tidak terbatas oleh ruang dan waktu seperti halnya pemasaran konvensional, semua kegiatan dapat dilakukan 7 hari dalam seminggu, 24 jam dalam sehari dengan ruang lingkup yang luas, sesuai perkembangan dan penyebaran internet yang begitu pesat hampir di setiap belahan dunia.

Langkah pertama dalam memulai pemasaran online adalah dengan mencari hot market. Dalam pencarian hot market, semuanya lebih difokuskan kepada produk, baik berupa barang maupun jasa, yang sedang hot atau banyak dicari, dibicarakan, dan dibutuhkan orang. Untuk produk berupa barang, hot market yang ada dapat dilihat dari gadget-gadget teknologi yang banyak dikembangkan saat ini, seperti handphone, komputer atau notebook, tablet pc, dan lain sebagainya. Untuk produk yang bersifat informasi, hot market yang ada meliputi informasi tentang cara melakukan sesuatu atau how to do something, pengembangan diri atau self help, keuangan atau finance, informasi untuk mendapatkan uang atau money making, kesehatan atau health seperti cara untuk hidup sehat, dan hiburan atau entertainment. Dan dari berbagai hot market tersebut dapat dipilih yang manakah yang akan dijadikan fokus untuk produk penjualan pada internet marketing ini.

Langkah selanjutnya dalam internet marketing adalah dengan melakukan pembuatan website. Apabila hot market telah ditemukan, sekarang saatnya berpikir akan seperti apakah produk yang dijual dan tempat berjualan atau website seperti apakah yang harus dibuat. Dalam pembuatan website, hal pertama yang harus dipikirkan adalah mencari tahu siapakah target pengunjung dari website tersebut, apakah orang-orang di seluruh dunia atau orang-orang di sekitar saja. Hal tersebut dilakukan agar dapat dengan mudah menentukan jenis domain dan hosting seperti apakah yang akan digunakan, karena hal ini akan menentukan tingkat kecepatan dan efisiensi waktu dari website tersebut. Apabila pengunjung yang ditargetkan adalah pengunjung dari seluruh dunia maka jenis hosting yang dapat diambil adalah hosting yang ada di pusat dunia, sebagai contoh kita dapat memakai hosting dari negara Amerika Serikat, hal ini dilakukan agar proses pentransferan data dapat berlangsung lebih cepat. Dan apabila target pengunjung website tersebut adalah orang-orang sekitar maka hosting yang dapat dipakai adalah hosting yang berpusat di daerah sekitar, yang juga dikhususkan agar transmisi data berjalan lebih cepat.

Selain blog, untuk mendapatkan pengunjung scara gratis dapat pula dilakukan dengan melalui social bookmarking. Social bookmarking adalah suatu sistem di mana seorang pengguna internet dapat menyimpan suatu link ke suatu website tertentu. Sistem ini juga kerap kali digunakan untuk mengorganisir, pencarian, dan manajemen bookmark dengan bantuan metadata. Dalam suatu sistem social bookmark, pengguna internet dapat melakukan sharing atau mempromosikan website yang dinilainya bagus ke orang lain sehingga orang lain tersebut dapat pula melihatnya. Bookmarks ini dapat berupa informasi public, pribadi, maupun di-share dalam suatu jaringan tertentu. Beberapa social bookmarking yang terkenal adalah Digg, del.icio.us, dan Stumble Upon.

Dan cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mendatangkan traffic ke website adalah dengan melakukan teknik SEO atau search engine optimization. Seorang konsultan SEO dapat mengenakan biaya ribuan dolar perbulan tergantung proyek yang ditanganinya. Sebenarnya SEO relatif mudah, SEO terbagi menjadi dua, yakni on-page SEO dan off-page SEO. On-page SEO mengandalkan pemaksimalan halaman utama website dan halaman lainnya melalui keyword atau kata kunci yang digunakan pada hot market. Sementara itu, off-page SEO adalah dengan memanfaatkan link-popularity website tersebut di website-website lain. Meningkatkan link-popularity website dilakukan dengan memperoleh link berkualitas tinggi dari berbagai macam sumber content yang relevan.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s